Marselino Ferdinan, Asnawi, dan Pratama Arhan Beda Nasib dengan 5 Wonderkid Timnas Indonesia yang Layu Sebelum Berkembang, Siapa Saja Mereka?.
Sumber :
  • Istimewa

Marselino Ferdinan, Asnawi, dan Pratama Arhan Beda Nasib dengan 5 Wonderkid Timnas Indonesia yang Layu Sebelum Berkembang, Siapa Saja Mereka?

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:00 WIB

tvOnenews.com - Indonesia sejatinya tidak pernah berhenti melahirkan bakat pesepakbola hebat. Nama-nama seperti Marselino Ferdinan, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan adalah wonderkid yang tengah bersinar dalam beberapa tahun terakhir bersama Timnas Indonesia.

Namun tidak sedikit talenta hebat Indonesia yang layu sebelum berkembang. Para wonderkid ini gagal bersinar ketika memasuki tim senior. Banyak hal yang menyebabkan seorang talenta muda yang tersingkir dari level top pemain sepak bola. 

Beberapa di antaranya adalah ketidakmampuan berkembang, kesulitan adaptasi, cedera, hingga kesulitan mengontrol emosi atau tempramental. Berikut lima wonderkid Timnas Indonesia yang meredup di usia senior:

1. Syamsir Alam

Banyak yang menaruh harapan kepada Syamsir Alam. Di usianya ke-17 tahun Syamsir merupakan pemain muda berbakat yang terpilih untuk mengikuti program Sociedad Anonima Deportiva atau SAD di Uruguay. 

Syamsir Alam mendapatkan beasiswa itu dan tampil menjanjikan bersama tim SAD di Indonesia pada 2008. Dia berhasil mengemas 15 gol dari 29 laga. Sewaktu muda perkembangan karir Syamsir amat menjanjikan. 

Dengan mudahnya dia mendapatkan tawaran untuk bermain di Eropa bersama CS Vise klub divisi 2 Liga Belgia. Pada tahun 2013 Syamsir Alam sempat melintasi benua dengan bermain di Amerika Serikat bersama DC United

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral