Kolase Foto John van Beukering, Osas Saha dan Sergio Van Dijk.
Sumber :
  • Kolase tvOnenews.com

5 Pemain ini Dinaturalisasi PSSI Sebelum Era Shin Tae-yong dan Performanya Tak Sesuai Harapan saat Bela Timnas Indonesia, Masih Ingat?

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:24 WIB

tvOnenews.com - Selama satu dekade lebih, PSSI selaku Federasi Sepak Bola Indonesia gencar melakukan program naturalisasi pemain sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan prestasi Timnas Indonesia.

Bermula dari Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim yang dinaturalisasi pada tahun 2010 silam, sejumlah pemain sepak bola keturunan Indonesia pun mulai menjalani program naturalisasi.

Pasalnya baik Cristian Gonzales maupun Irfan Bachdim tampil sangat apik dan langsung jadi bintang Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2010 silam.

Setelah itu, sejumlah pemain mulai menjalani proses naturalisasi sebagai seorang WNI agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Dari Raphael Maitimo, Sergio Van Dijk, Ezra Walian hingga Diego Michiels silih berganti menjadi pemain naturalisasi yang jadi andalan Timnas Indonesia.

Dan saat ini dibawah arahan Shin Tae-yong, ada nama-nama seperti Elkan Baggot, Jordi Amat, Sandy Walsh hingga Marc Klok yang posisinya tak tergantikan. 

Meski begitu gencarnya PSSI melakukan naturalisasi pun adakalanya tidak berhasil. Sejumlah nama pemain asing yang dinaturalisasi namun performa mereka justru tak sesuai yang diharapkan.

Berikut ini daftar 5 pemain naturalisasi yang performanya dianggap tidak sesuai harapan saat Bela Timnas Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral