Pembagian grup Piala Dunia Qatar 2022.
Sumber :
  • FIFA official website

Ini Alasan Mengapa Eropa (UEFA) Memiliki Wakil Paling Banyak Di Piala Dunia

Selasa, 28 Juni 2022 - 11:04 WIB

tvOnenews - Piala Dunia 2022 akan diselenggarakan pada November tahun ini, dan peserta dalam perhelatan pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut akan diikuti oleh 32 negara.

Dari 32 negara tersebut, sebanyak 13 perwakilan diisi oleh negara dari Eropa atau UEFA. Sangat jauh jumlahnya jika dibandingkan dengan regional konfederasi lain seperti Asia dengan jatah  4 - 5 negara, Amerika Latin 4 - 5 negara.

Kemudian Afrika 5 negara, Amerika Tengah & Utara 3 - 4, dan Bahkan Oceania mempunyai jatah 1 tempat, itu pun harus melalui playoff. Jika tidak lolos, maka dipastikan tidak ada perwakilan dari Oceania.

Sekilas pembagian jatah tersebut terlihat tidak adil untuk regional lain. Lalu mengapa Eropa/UEFA punya jatah yang terbanyak di Piala Dunia?

Jawabannya sederhana. Dilansir dari Goal Indonesia, Eropa memiliki banyak tim kuat, yang di atas kertas lebih baik dari kontingen lain.

Seperti yang diketahui, pada ranking FIFA, negara-negara dari konfederasi UEFA selalu meramaikan posisi 20 besar dan tentu bukan tanpa alasan.

Kuota Piala Dunia bisa saja dibagi secara merata, namun gelaran tersebut berpotensi menjadi membosankan. Banyak tim-tim kuat Eropa yang tidak akan bisa mengikuti kompetisi tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral