Trofi Piala Dunia.
Sumber :
  • via Time

Tolak Lawan Israel, Timnas Indonesia Buang Peluang Lolos Ke Piala Dunia

Selasa, 28 Juni 2022 - 13:50 WIB

tvOnenews - Lolosnya timnas Israel ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia menimbulkan pro dan kontra. Sebab sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang sentimen terhadap Israel. 

Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan, sebagai tuan rumah Indonesia akan menjamin keamanan dari kontingen Timnas Israel.

Kejadian seperti ini pernah terjadi sebelumnya dimana Timnas Indonesia pernah menolak bertanding melawan Israel dalam kualifikasi Piala Dunia 1958. Keputusan tersebut kemudian membuat Skuad Garuda membuang peluang lolos ke Piala Dunia. 

Di babak kualifikasi zona Asia-Afrika putaran pertama, Indonesia sukses mengalahkan China 2-0 di Stadion Ikada, 12 Mei 1957. Namun pada laga kedua Garuda takluk 3-4 dari China di Xiannongtan Stadium, Beijing. 

Keduanya kembali bertemu dalam laga playoff di tempat netral yakni Aung San Stadium, Rangoon, Burma, pada 23 Juni 1957. Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia dan China bermain imbang tanpa gol. 

Karena unggul selisih gol atas China pada pertandingan babak kualifikasi, Indonesia lolos dan dijadwalkan bertemu Israel pada kualifikasi putaran kedua. 

Israel sendiri lolos tanpa bertanding pada kualifikasi putaran pertama, setelah Turki mundur karena menolak bertanding di grup Asia. Dijadwalkan menghadapi Israel, Indonesia menolak bertanding karena alasan politis atas instruksi Presiden Soekarno. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral