Persija Jakarta juara Liga 1 2018.
Sumber :
  • PSSI

Tuai Prestasi di Kompetisi Asia Tak Jadi Jaminan, Media Asing Ini Justru Sebut Kompetisi Liga 1 Indonesia Lebih Baik dari Liga Malaysia

Jumat, 9 Februari 2024 - 11:25 WIB

tvOnenews.com - Salah satu media internasional mengungkapkan bahwa Liga 1 Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan Liga Malaysia.

Liga 1 Indonesia memang sempat terpuruk di level Asia usai FIFA memutuskan untuk membekukan kompetisi lokal tersebut pada tahun 2015-2016.

Ketika itu, pemerintah turut campur tangan dalam kompetisi Liga 1 Indonesia yang sebetulnya hal ini dilarang oleh FIFA sehingga membuat otoritas tertinggi sepak bola dunia itu menghukum klub-klub lokal untuk berlaga.

Atas dasar itu, klub-klub asal Indonesia tidak bisa tampil dalam turnamen resmi FIFA termasuk dilarang untuk berpartisipasi di kompetisi Asia selama dua tahun.

Tidak hanya berdampak kepada kontestan Liga 1, hukuman dari FIFA ini juga membuat Timnas Indonesia tidak tampil dalam turnamen apapun di periode itu.

Hasilnya, Timnas Indonesia sama sekali tidak mendapat poin dalam agenda resmi FIFA yang mengakibatkan posisi skuad Garuda sempat terjun bebas di ranking dunia. 

Sebaliknya, Liga Malaysia justru semakin berkembang pesat ketika Liga 1 Indonesia mendapat larangan untuk berkompetisi oleh FIFA.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral