Pemain PSIM Yogyakarta melakukan latihan fisik di bawah komando Pelatih Sansan Susanpur, Sabtu (4/6/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Inilah Menu Latihan Fisik Laskar Mataram PSIM Yogyakarta

Sabtu, 4 Juni 2022 - 18:55 WIB

Yogyakarta, DIYPSIM Yogyakarta terus bergerak dalam mempersiapkan tim jelang Liga 2 musim 2022/2023. Dalam latihan hari kedua, seluruh pemain Laskar Mataram ini menjalani serangkaian tes fisik di bawah komando pelatih fisik PSIM Yogyakarta, Sansan Susanpur.

Ditemui usai memimpin jalannya tes fisik di stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sansan mengatakan jika seluruh pemain PSIM Yogyakarta berada dalam kondisi bugar dan hasil data dari tes fisik hari ini akan dijadikan acuan serta pedoman dalam menyusun menu latihan.

“Hari ini, kita tidak hanya bicara tentang kondisi fisik, tapi juga berkonstelasi dengan psikologi. Alhamdulillah, semua pemain dalam kondisi bugar. Memang ada database yang harus kita data dan itu menjadi prioritas masing-masing individu bahwa di dalam sebuah proses berlatih ada target psycho conditioning yang menjadi standar performa dan acuan untuk latihan ke depan,” ujar Sansan.

Sansan juga menjelaskan bahwa meskipun secara keseluruhan hasil tes fisik pemain dinilai baik, namun hasil tes fisik pemain masih dalam standar normal dan harus ditingkatkan untuk menyesuaikan dengan standar performa atlet.

“Tes fisik hari ini memang kita bedakan, dimana untuk kiper kita tidak menggunakan cooper test atau VO2Max, tapi ada vertical jump, standing long jump, dan ada tendril test agility, serta 10 meter speed. Untuk pemain lain, menggunakan 10 meter speed, 46 meter speed, illinois agility test, dan cooper test 12 meter. Ini menunjukkan hasil yang signifikan bahwa mereka kondisinya terjaga, namun masih dalam standar awal normal bukan standar performa atlet, dalam artian beberapa hasil tes memang harus ditingkatkan,” lanjutnya.

Mantan pelatih fisik Timnas U-16 ini juga menambahkan jika dirinya dan tim pelatih telah menyusun rencana untuk kembali mengadakan tes fisik kepada para penggawa Laskar Mataram di kemudian hari. (Nur/Ard) 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral