Menpora Zainudin Amali jamin pemerintah tidak intervensi PSSI..
Sumber :
  • antara

Pemerintah Berhati-hati agar FIFA Tidak Sanksi PSSI Terkait Tragedi Kanjuruhan

Jumat, 7 Oktober 2022 - 17:37 WIB

Jakarta – Menpora menyebut pemerintah bersikap hati-hati dalam menyelesaikan Tragedi Kanjuruhan. Pemerintah tidak ingin Indonesia tidak terkena sanksi lagi dari FIFA.

Tragedi sepakbola di Kanjuruhan yang mengakibatkan ratusan suporter tewas merupakan peristiwa yang potensia membuat FIFA melihat telah terjadi pelanggaran serius di Indonesia. Federasi sepakbola dunia pun bisa menilai PSSI tidak becus menangani sepakbola dalam negeri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut, pemerintah mengambil langkah hati-hati dalam menyelesaikan Tragedi Kanjuruhan agar Indonesia tidak terkena sanksi dari FIFA.

"Pemerintah menjaga betul di mana area pemerintah. Pemerintah tidak mau masuk ke ranah federasi karena kita tidak mau terulang lagi seperti yang 2015, saat pemerintah masuk terlalu dalam sehingga FIFA melihat ada intervensi," kata Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Jumat (07/10/2022).

Pada 30 Mei 2015, FIFA menjatuhkan sanksi untuk Indonesia, yaitu berupa pencabutan keanggotaan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku federasi sepakbola Indonesia, larangan tim nasional maupun klub Indonesia mengikuti kompetisi internasional di bawah naungan FIFA dan AFC.

FIFA juga melarang setiap anggota dan official PSSI mengikuti program pengembangan, kursus, atau latihan dari FIFA dan AFC selama belum ada keputusan pencabutan sanksi.

Selama pembekuan PSSI oleh FIFA, tidak ada kompetisi resmi bergulir di Tanah-Air hingga 13 Mei 2016.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral