Ilustrasi wasit Liga 1 2022..
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

Kinerja Wasit Liga 1 Bikin Gaduh, Koordinator SOS Tuntut Reformasi Menyeluruh

Jumat, 16 Desember 2022 - 20:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali, menanggapi permasalahan terkait kinerja wasit Liga 1 yang dinilai oleh beberapa klub tidak memuaskan atas sejumlah keputusannya.

Pihak penyelenggara PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun telah menerima pengaduan dari klub Liga 1 yang protes terhadap ketidakadilan pengadil di lapangan.

Salah satunya adalah tim Persebaya Surabaya yang menyesalkan kepemimpinan wasit Ginanjar Rahmat dalam pertandingan kontra Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022).

Melihat kejadian ini, pengamat sepak bola Akmal Marhali menyatakan bahwa wasit perlu melakukan pembenahan agar membangun kepercayaan klub-klub Liga 1 kembali.

"Soal wasit perlu segera ada pembenahan agar kepercayaan tercipta," kata pengamat sepak bola, Akmal Marhali kepada Tvonenews.com, Jumat (16/12/2022).

Ia juga menyayangkan kualitas wasit yang dianggap masih jauh dari standar tetapi tak sebanding dengan biayanya yang mahal. Selain itu, penguasaan teknologi dari sumber daya manusia yang ada masih belum mumpuni.

"Mau sampai kapan wasit Indonesia selalu bermasalah? Sementara biaya mahal, tidak punya kemampuan, menggunakan teknologi yang lain, juga sumber daya manusia wasit kita masih dalam tataran yang sangat rendah," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
05:50
Viral