Presiden UEFA, Aleksander Caferin.
Sumber :
  • AP Photo/Armando Franca

Pengadilan Beri 'Karpet Merah' Liga Super Eropa Bergulir

Kamis, 21 Desember 2023 - 19:02 WIB

tvOnenews.com - Pengadilan Eropa (EJC) secara resmi memutuskan UEFA dan FIFA bertindak melanggar hukum persaingan dengan melarang pembentukan Liga Super Eropa pada 2021.

Ide untuk membuat sebuah kompetisi baru yang akan mempertemukan klub-klub besar dari benua Eropa mulai bergulir pada April 2021 dengan melibatkan Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Liverpool, dan lainnya.

Namun, proyek ini berhenti di tengah jalan karena gelombang protes yang disampaikan suporter, klub, dan lembaga pemerintah. Akhirnya, klub-klub yang awalnya mendukung mulai mundur satu per satu.

Selain itu, ada ancaman dari UEFA dan FIFA yang akan mengeluarkan klub-klub tersebut dari seluruh kompetisi. Kondisi ini membuat tim yang masih menginginkan Liga Super Eropa tersisa Barcelona dan Real Madrid.

EJC akhirnya mengeluarkan sebuah putusan dan menyatakan bahwa pelarangan terhadap kompetisi Liga Super Eropa oleh FIFA dan UEFA bertentangan dengan hukum Uni Eropa.

“Tidak ada kerangka peraturan FIFA dan UEFA yang memastikan bahwa peraturan tersebut transparan, objektif, tidak diskriminatif dan proporsional," tulis pernyataan EJC dikutip dari laman resminya, Kamis (21/12/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral