Jordi Amat saat mengadang Lionel Messi di Liga Spanyol..
Sumber :
  • laliga

Pemain Ini Pernah Lawan Messi dan Ronaldo, Pelatih Timnas Minta PSSI Lanjutkan Proses Naturalisasinya Jadi WNI

Senin, 4 Juli 2022 - 17:44 WIB

Jakarta – Di sela mempersiapkan Timnas U-19 pada Piala AFF 2022, Shin Tae-yong meminta kepada PSSI untuk melakukan proses naturalisasi pemain. Bagaimana kelanjutannya?

Pelatih tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong (STY), tetap memikirkan kemungkinan menyusun squad senior untuk Piala Asia 2023. Sembari menangani Timnas usia di bawah 19 tahun (U-19) yang tampil di Piala AFF 2022, Shin menyurati Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan, Shin menulis surat kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk memohon upaya melanjutkan proses naturalisasi pemain-pemain yang memiliki keturunan Indonesia. STY butuh tambahan kekuatan untuk memperkuat Timnas senior.

“Ya, STY menulis surat pada tanggal 30 Juni 2022. Intinya ialah minta kelanjutan proses naturalisasi. Kami sebagai federasi, dan tentu dengan arahan dari Ketua Umum, akan melanjutkan,” ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi, seperti tertera di laman resmi PSSI.

Setelah lebih dari selusin tahun sejak Christian Gonzales mendapat kewarganegaraan Indonesia pada 2010, proyek naturalisasi menjadi opsi alternatif dalam sepakbola Tanah-Air. Sudah puluhan pemain asing yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui proses perwarganegaraan (naturalisasi).

Tidak semua WNI dari proses naturalisasi lantas menjadi pemain tim nasional Indonesia. Selain memberi kewarganegaraan kepada individu yang telah lama menetap di Tanah-Air, konsep pewarganegaraan untuk pemain timnas kemudian bergeser kepada orang-orang yang memiliki darah keturunan Indonesia.

 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral