Mochamad Iriawan nyatakan PSSI sudah jalin komunikasi dengan EAFF..
Sumber :
  • antarafoto

Rencana Pindah Federasi, PSSI Sudah Komunikasi dengan EAFF

Selasa, 19 Juli 2022 - 23:17 WIB

Jakarta – Menanggapi desakan netizen Timnas, PSSI mengaku sudah memikirkan rencana pindah ke federasi sepakbola Asia Timur (EAFF). Benarkah Indonesia keluar dari AFF?

Isu PSSI pindah dari AFF ke EAFF berhembus kencang setelah merebak dugaan dua negara Asia Tenggara, Thailand dan Vietnam, berkongsi untuk menyingkirkan tuan rumah tim nasional (timnas) Indonesia U-19 dari Piala AFF U-19 2022 di negeri sendiri.

Saat bersaing pada pertandingan terakhir fase grup, Timnas U-19 menang 5-1 atas Myanmar. Tapi kemenangan squad asuhan pelatih Shin Tae-yong tak cukup untuk meloloskan tim binaan PSSI ke semifinal lantaran kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 pada laga terakhir.

PSSI menganggap pertandingan Vietnam versus Thailand tidak menjunjung sportivitas karena dua tim tidak berusaha mencetak gol setelah kedudukan imbang 1-1. Bila pertandingan berakhir dengan satu tim mengalami kekalahan, maka Indonesia akan lolos ke semifinal dengan keunggulan selisih gol.

 

Tanggapi Desakan Netizen

Federasi sepakbola Indonesia sudah mengajukan protes kepada AFF (Federasi Sepakbola ASEAN). PSSI menyertakan bukti-bukti, termasuk video pertandingan dan unggahan pelatih fisik Vietnam di Instagram yang menyatakan, "Vietnam-Thailand, 1-1, 75 menit musuh, 15 menit teman selamanya".

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral