Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat menyaksikan pertandingan Timnas U-16 vs Filipina U-16 di Stadion Maguwoharjo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Ketua Umum PSSI Akan Umumkan Nasib Indonesia di AFF Pekan Depan

Senin, 1 Agustus 2022 - 09:11 WIB

Sleman, DIY - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan akan segera mengumumkan nasib Indonesia di Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Pengumuman ini rencananya akan dilakukan pekan depan, setelah dilakukan kajian terlebih dahulu.

"Berkaitan dengan keluar dari AFF, kita akan diskusikan karena ini harus memerlukan kajian, mempelajari bersama, apa untung ruginya dan lain sebaginya," kata Iriawan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022) malam.

Seperti diketahui, rencana keluar dari AFF ini muncul setelah pertandingan antara Vietnam melawan Thailand pada babak penyisihan grup Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu. Saat itu kedua tim diduga main mata dan memilih hasil imbang 1-1 agar Timnas U-19 Indonesia tidak lolos ke semifinal.

Rencana itu semakin kuat setelah publik juga mendesak agar Indonesia keluar dari AFF dan pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur atau EAFF. Saat ini EAFF beranggotakan 10 negara, seperti Jepang, China, dan Korea Selatan.

Iriawan sendiri masih menimbang plus minus jika keluar dari AFF dan pindah ke EAFF. 

"Kalau di AFF berapa kali pertandingan dalam setahun, kalau di Asia Timur itu berapa kali, dan sebagainya, ada plus minusnya itu, kita kan terikatnya negara Asean, tapi kita putuskan nanti setelah kita rapat nanti," terangnya.

Pada rapat nanti, PSSI akan melibatkan seluruh stakeholder sepakbola seperti Exco dan ekosistem di federasi. Tujuannya agar keputusan yang dibuat nanti betul-betul merupakan hasil kajian bersama dan mempelajari untung ruginya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
03:14
02:13
03:28
00:58
06:16
Viral