Wasit final Piala Dunia 2022, Szymon Marciniak.
Sumber :
  • FIFA

Kisah Szymon Marciniak: Nyaris Pensiun Karena Penyakit Jantung, Kini Jadi Wasit Final Piala Dunia 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 - 20:45 WIB

tvOnenews.com - Wasit yang memimpin pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis, Szymon Marciniak ternyata punya perjalanan hidup sangat berat.

Dia sempat harus beristirahat hingga berhenti sebagai wasit karena mengalami masalah kesehatan yang cukup parah.

Pria asal Polandia itu mengalami Tachycardia atau penyakit yang mengakibatkan jantung berdetak lebih dari 100 kali per menit.

Namun, Marciniak mampu melewati kesulitan tersebut hingga kini kembali menjadi wasit dan akan memimpin pertandingan final Piala Dunia 2022.


"Saya mengalami waktu yang sangat sulit selama satu setengah tahun terakhir. Pada awalnya, sangat sulit bagi saya dan saya harus berhenti menjadi wasit," ujar Marciniak.

Selama beristirahat, Marciniak mengaku merasa sangat rindu bisa memimpin sebuah pertandingan sepak bola kelas atas seperti kejuraan Eropa UEFA.

Perjuangan untuk sembuh dan kembali menjadi wasit akhirnya terbayar karena namanya masuk ke daftar pengadil lapangan di Piala Dunia kali ini.

Bagi dia, momen tersebut sangat luar biasa karena sempat akan menyerah dan pensiun dari dunia sepak bola.

"Menjadi wasit di final Piala Dunia. Sungguh sulit dipercaya, sejujurnya. Saya sangat bangga dengan diri saya dan tim saya," ucapnya.



Pada Piala Dunia 2022, dia sempat memimpin pertandingan Argentina vs Australia di babak 16 besar.

Selain itu, Marciniak juga telah memimpin pertandingan babak penyisihan grup antara Prancis vs Denmark.

Marciniak resmi menjadi wasit FIFA pada tahun 2011 dan sejak saat itu memulai kariernya di babak kualifikasi Liga Europa.

Setahun kemudian, dia akhirnya berkesempatan menjadi wasit di Liga Champions antara FK Ventspils melawan Molde FK.

Kesempatan untuk memimpin kualifikasi Piala Dunia antara Portugal vs Azerbaijan akhirnya didapat olah Marciniak.

Pada Juni 2015, Marciniak memimpin final Eropa pertamanya saat ia menjadi wasit final Euro U-21 saat Swedia mengalahkan Portugal.

Perjalanan Marciniak mengalami lompatan besar ketika dia diajukan untuk menjadi wasit di Euro 2016.

Dia menjadi wasit dalam tiga pertandingan, dua pertandingan penyisihan grup dan satu pertandingan sistem gugur termasuk pertandingan Jerman melawan Slovakia.

Marciniak menjadi wasit pertandingan final Piala Dunia pertamanya bersama Sokolnick dan Listkiewicz sebagai asistennya saat Argentina melawan Islandia.

Dia juga terpilih sebagai wasit kepala dalam pertandingan final Piala Super antara Real Madrid dan Atletico Madrid. (fan)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral