Union vs Hertha: Mengapa Derby Berlin Menjadi Spesial?.
Sumber :
  • Ig Bundesliga

Union vs Hertha: Mengapa Derby Berlin Menjadi Spesial?

Minggu, 21 November 2021 - 00:12 WIB

Jakarta - Hertha Berlin dan Union Berlin bertemu lagi pada Matchday ke 12 Bundesliga, perhatian dunia kembali tertuju pada ibu kota Jerman untuk pertandingan yang telah menyatukan sepak bola, politik, dan sejarah di kota yang pernah terpecah itu. Pertandingan ini menjadi salah satu yang layak ditonton, karena pertandingan ini menjadi salah satu derbi penting yang terjadi dalam sejarah Bundesliga Jerman.

Musim 2019-2020 menjadi musim pertama Union dan Herta bertemu di kompetisi tertinggi, mengingat keduanya hanya bermain dalam laga persahabatan dan kasta Bundesliga 2 pada 15 laga sebelumnya. 

Union Berlin adalah klub Berlin kelima yang bermain di kasta tertinggi Bundesliga, setelah Tasmania 1900 Berlin, Blau Weiß Berlin, Tennis Borrusia Berlin, dan tentu saja Herta Berlin.  Derbi Berlin menjadi salah satu bagian sejarah, sosial dan politik Berlin terutama terkait perang dingin. Pertemuan keduanya membawa sejarah mengenai pembagian politis Jerman dan Berlin usai perang Dunia II, yaitu Bagian Timur dan Barat. 

Herta Berlin adalah representasi Berlin Barat, sedangkan Union Berlin adalah klub besar kebanggaan Berlin Timur. Meski demikian, hal tersebut tidak membuat para pendukungnya saling membenci. Kerusuhan yang terjadi selama berbulan-bulan di Berlin, berbuah pada diruntuhkannya tembok Berlin pada 9 November 1989. Ini menjadi momen paling ditunggu terutama bagi para pendukung kedua tim tersebut. 

Pendukung Herta mulai bisa menyaksikan pertandingan Di Alte Försterei, yang menjadi tempat perlawanan atas pemerintahan Jerman Timur. Sebagai imbalannya, pendukung Union mendukung Herta di kompetisi Eropa, termasuk perempat final Piala UEFA di Praha tahun 1979, dimana setengah dari 30.000 pendukung sepak bola telah melakukan perjalanan dari kedua sisi Berlin. 

Pertandingan perdana kedua tim terjadi pada 27 Januari 1990. Pertandingan ini disaksikan oleh 51.270 penonton yang memadati Olympiastadion, dan berakhir menjadi sebuah perayaan di Berlin.(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral