Ilustrasi Bola.
Sumber :
  • FIFA

DPR RI Sebut PSSI Terlalu Sering Naturalisasi Pemain, Minta Evaluasi dan Peningkatan Pengembangan Pemain Usia Muda Diperbaiki

Senin, 4 Desember 2023 - 17:42 WIB

tvOnenews.com - DPR RI menyetujui proses naturalisasi dua calon pemain timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/12/2023). 

Dalam sesi tanya jawab, anggota Komisi X DPR RI, Ali Zamrudin mengakui PSSI terlalu sering melakukan proses naturalisasi pada pemain. 

"Naturalisasinya memang lazim di setiap negara, tapi kami mohon pada PSSI tidak kemudian menghambat pencarian bibit-bibit," kata Ali Zamrudin. 

Politisi Gerindra ini mengakui saat ini banyak ajang yang dipakai untuk melakukan peningkatan bibit muda. Dia pun menganggap naturalisasi yang dilakukan PSSI memotong jalan pembibitan atlet. 

"Mohon naturalisasi ini kemudian tidak menimbulkan ketimpangan, karena kita tahu standar mereka sudah tinggi, jangan kemudian klub-klub ini punya beban berat terkait dengan naturalisasi ini karena standar tinggi," kata Ali.  

"Ditambah tolong evaluasi secara berkala, naturalisasi ini setelah diberikan kewarganegaraan ini tidak ada evaluasi, sudah bukan berapa kali kita berikan naturalisasi tapi evaluasinya belum pernah kita dengar," tegas Ali. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
03:18
13:32
06:34
05:09
01:34
Viral