Kolase foto Indra Sjafri dan pemain Timnas Indonesia cium tangan - sujud syukur.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube - Danone Nations Cup - PSSI

Pemain Timnas Indonesia Sudah Lupa Budaya Sujud Syukur dan Cium Tangan Wasit? Coach Indra Sjafri Angkat Bicara soal Selebrasi Joget TikTok

Senin, 11 Desember 2023 - 07:23 WIB

tvOnenews.com - Cium tangan kepada wasit sebelum berlaga dan sujud syukur kala mencetak gol merupakan wujud reformasi sepak bola berbasis budaya yang berhasil diterapkan Indra Sjafri di skuad Timnas Indonesia kelompok umur asuhannya.

Dengan budaya tersebut Indonesia sempat mencuri perhatian dunia. Pelatih asal Sumatera Barat itu kemudian menceritakan bagaimana awal mula cium tangan wasit dan selebrasi sujud syukur tercetus. 

Saat awal-awal ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia usia muda, Coach Indra Sjafri awalnya hanya menerima daftar pemain yang kebanyakan berasal dari wilayah DKI Jakarta saja. 

Tak puas dengan komposisi materi pemain tersebut, Indra Sjafri melakukan blusukan sampai ke daerah-daerah mencari pemain muda berkualitas, yang mewakili hampir setiap wilayah Indonesia mulai dari Papua hingga Sumatera. 

Singkat cerita, ditemukanlah tim Evan Dimas dan kawan-kawan yang akhirnya berhasil meraih gelar juara di Piala AFF U-19 setelah penantian 22 tahun.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral