Tonnie Cussel bersama Jhon van Beukering, Raphael Maitimo dan Irfan Bachdim..
Sumber :
  • viva

Bintang Ulang Tahun 04 Februari: Pemain Naturalisasi Timnas dan Keturunan Jawa Suriname

Sabtu, 4 Februari 2023 - 17:35 WIB

tvOnenews.com – Siapa saja pesepakbola internasional yang sedang merayakan ulang tahun? Ada pemain naturalisasi Timnas dan alumni Piala Dunia 2022 yang lahir pada 04 Februari.

 

Pemain Naturalisasi Timnas

Selama lebih dari satu dekade terakhir, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pemerintah gencar melakukan naturalisasi terhadap pemain asing yang menetap di Tanah-Air, juga pemain-pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Meski kontroversial karena menyiasati persyaratan kewarganegaraan Indonesia, telah puluhan pemain asing dan keturunan Indonesia memperoleh paspor Garuda. Beberapa nama bahkan belum lancar berbahasa Indonesia.

Fenomena naturalisasi pemain keturunan terus berlanjut, bahkan ke tim nasional (timnas) level junior. Menjelang Piala Dunia U-20 2023 dan Piala Asia 2023, PSSI terus mengajukan proses pewarganegaraan pemain berdarah Indonesia.

Federasi sepakbola bahkan mengabaikan fakta bahwa beberapa contoh pemain naturalisasi pada masa terdahulu tidak memberikan prestasi bagi Indonesia. Sejumlah nama malah bermain hanya dalam sekian pertandingan di timnas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral