WASPADA! Dolar Palsu Bernilai 2 M Beredar di Tangerang | tvOne

Rabu, 10 Februari 2021 - 10:09 WIB

Tangerang, Banten - Jajaran Polres Tangerang Selatan berhasil menciduk delapan tersangka berikut barang bukti berupa ribuan lembar uang palsu, baik dolar maupun rupiah yang diduga akan diedarkan di wilayah Tangerang Selatan. 

Delapan tersangka tersebut berasal dari komplotan berbeda. Mereka juga berhasil diamankan di tiga lokasi yang berbeda.

Delapan orang pengedar uang dolar palsu dibekuk aparat Polres Tangerang Selatan. Modus yang digunakan oleh para pelaku ini yaitu terlebih dahulu mencetak uang dolar palsu kemudian menjualnya kepada para korban dengan nilai penukaran 20 juta rupiah per empat gepok uang palsu. Total uang dolar palsu yang disita oleh petugas yakni senilai 2 miliar rupiah. 

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Angga Surya pun menyampaikan kronologis penangkapan dalam kasus ini.

“Jadi ini sifatnya operasi gabungan atas perintah Bapak Kapolres bahwa kita meminimalisir orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan situasi pandemi saat ini, salah satunya dengan mengedarkan uang palsu,” ungkap AKP Angga Surya.

Pihaknya telah mengamankan para tersangka dengan sindikat yang berbeda dan di tiga lokasi yang berbeda. “Enam orang kita amankan di Ciputat kemudian satu orang di wilayah Serpong dan satu orang lagi di wilayah Pamulang,” jelasnya.

Ia menyebut total ada delapan orang tersangka yang telah ditangkap dan diamankan di Polres Tangerang. Untuk sindikat-sindikat yang telah diamankan ini baru akan mengedarkan uang jadi belum sempat ada uang yang beredar di masyarakat.

Namun, dari keterangan para tersangka mereka mengedarkan uang setelah adanya orang yang berniat untuk membeli. “Jadi kemarin masih ada orang yang berminat untuk membeli dan ini masih kita selidiki untuk nantinya dilakukan penangkapan kepada yang bersangkutan,” ucap Kasat Reskrim Polres Tangsel.

Terkait modus dan peredaran uang yang dilakukan oleh para tersangka, AKP Angga mengatakan jika ini merupakan aksi pertama mereka sehingga belum ada uang yang beredar di masyarakat.

Namun demikian, pada beberapa saat kemarin pihaknya juga telah mengamankan beberapa sindikat yang berada di wilayah Pondok Aren dengan barang bukti sekitar 800 juta dengan wilayah edar Jakarta Raya. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral