Detik-detik Penenggelaman 6 Kapal Pencuri Asal Vietnam | tvOne

Jumat, 5 Maret 2021 - 21:00 WIB

Batam, Kepulauan Riau – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menenggelamkan 10 kapal asing asal Vietnam yang telah memiliki ketetapan hukum tetap di Perairan Batam  Kepulauan Riau. Proses penenggelaman kapal tersebut dilakukan dalam dua tahap.Tahap pertama empat kapal dan tahap kedua, enam kapal. Kapal-kapal tersebut dioperasikan untuk mencuri ikan di wilayah Batam.

Sekretaris Jenderal KKP yang juga Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Antam Novambar, Kamis, 4 Maret 2021 menyatakan penenggelaman merupakan amanah pengadilan.

KKP masih akan melakukan penenggelaman 21 kapal asing lain yang rencananya akan dilakukan di Natuna, Pontianak, dan Aceh.

Penenggelaman, kata dia, menunjukkan komitmen KKP dan aparat terkait untuk tegas dan tanpa kompromi terhadap pelaku "illegal fishing".

Dalam penenggalaman kapal asing yang dilaksanakan Kamis dilakukan dengan memberi pemberat berupa randemik (cor beton) dan melobangi badan kapal.

Penenggelaman memakan waktu sekitar 30 menit, dengan waktu persiapan sekitar dua pekan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Hari Setiyono menjelaskan penenggelaman kapal dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan.

Bangkai kapal nantinya bisa menjadi rumah bagi ikan-ikan termasuk tempat karang untuk tumbuh.

“Eksekusi ini dilakukan dengan memperhatikan ramah lingkungan,” kata Hari.

Kapal-kapal tersebut merupakan tangkapan petugas Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam pada tahun 2019 dan 2020.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan komitmennya dalam memberantas praktik illegal fishing.

Ia meminta jajarannya di PSDKP memperkuat patroli terutama di daerah rawan kapal-kapal asing pelaku illegal fishing.

Saat bertemu langsung dengan sejumlah duta besar negara lain untuk Indonesia, Menteri Trenggono juga mengajak dunia bersatu melawan illegal fishing karena merugikan secara ekonomi dan mengancam keberlanjutan ekosistem perikanan. (act)

Lihat juga: INSIDEN DI PERAIRAN JEPANG, KAPAL SELAM JEPANG TABRAK KAPAL BARANG CHINA

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral