Puluhan Dosen Laporkan Tambang Batu Bara Ilegal

Minggu, 31 Oktober 2021 - 17:06 WIB

Kalimantan Timur - Sebanyak 85 maraknya tambang batubara ilegal di Samarinda dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur =. Adanya tambang ilegal ditengarai menjadi penyebab banjir.
Maraknya tambang batubara ilegal diduga menjadi penyebab banjir yang terjadi di Samarinda dan wilayah lainnya di Kalimantan Timur. Resapan air menjadi berkurang dan lubang bekas galian tambang juga tidak ditutup kembali, sehingga saat turun hujan air yang tidak tertampung di lubang galian meluap dan membanjiri permukiman.
Menyikapi kondisinya perwakilan dari Koalisi Dosen dari Universitas Mulawarman mendatangi kantor Polresta Samarinda untuk menyerahkan laporan dalam bentuk surat terbuka terkait dengan adanya aksi penambangan batubara secara ilegal di Kalimantan Timur, khususnya di Samarinda dan Kutai Kartanegara.
Koalisi yang terdiri dari 85 dosen dari berbagai fakultas meminta agar pihak kepolisian secara serius mengusut tuntas kasus tambang ilegal, dan memberikan rasa aman kepada warga yang terdampak.
Polisi pun akan menindaklanjuti laporan dari para dosen. Di sisi lain, keberadaan tambang ilegal juga berada tidak jauh dari kebun percobaan di Universitas Mulawarman di Tenggarong Seberang, yang tentunya bisa berdampak pada proses perkuliahan di kampus.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral