Tak Disangka, Pelaku Sindikat Pencuri Buku Nikah Ternyata Seorang Penghulu

Senin, 15 November 2021 - 12:31 WIB

Jambi - Tiga oknum penghulu yang seharusnya menjadi pelaksana pernikahan yang diakui negara, justru terlibat dalam sindikat pencurian buku nikah yang terjadi di Jambi dan Sumatera Barat.
Ketiganya ditangkap setelah petugas lebih dulu menangkap seorang pria pelaku yang mencuri ribuan buku nikah di kantor Kementerian Agama Kabupaten Bungo, Jambi.
Terkuaknya sindikat ini setelah tim petir Polres Bungo, Jambi membekuk pelaku utama berinisial AG Saat tengah berada di Kota Padang Sumatera Barat.
Tanpa perlawanan AG yang sedang mengendarai mobil minibus dikepung oleh tim petir dan diseret keluar mobil oleh petugas.
Dari pemeriksaan AG terungkap jika ia sudah melakukan aksi pencurian ribuan buku nikah tujuh kantor kementerian agama yang ada di Sumatera Barat dan Jambi. 
Kemudian dari pengembangan, polisi menangkap tiga orang dan buku nikah curian yang berinisial B, Y, dan H yang merupakan Warga Sumatera Barat dan Riau.
Ironisnya tiga penadah tersebut ternyata oknum penghulu yang selama ini kerap nikahkan warga secara sah. Buku nikah curian itu ternyata mereka gunakan untuk diberikan kepada pasangan yang mereka nikahkan secara siri.
Dari pelaku utama dan tiga oknum tersebut, polisi menyita ribuan buku nikah hasil curian yang belum digunakan. Akibat perbuatan itu, para pelaku kini harus mendekam di sel tahanan.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral