Tak Hanya Wanita, Kanker Payudara Juga Mengintai Pria

Selasa, 18 Juli 2023 - 12:00 WIB

Kanker payudara merupakan kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. 

Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara. Meski lebih sering terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Kanker payudara seringkali sulit terdeteksi pada tahap awal karena ukurannya yang kecil. Biasanya benjolan baru dapat teraba jika ukurannya cukup besar. 

Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara berarti kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan sejak dini penting dilakukan guna memastikan apakah benjolan tersebut kanker atau bukan.

Hingga saat ini belum diketahui apa yang menyebabkan sel kanker tumbuh di payudara. 

Namun, ada sejumlah faktor yang dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini, antara lain berat badan berlebih, menstruasi pada usia yang terlalu muda, dan kebiasaan merokok.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
01:00
Viral