Jangan Keliru Lagi, Ini Bedanya Ikan Tongkol, Tuna dan Cakalang

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:00 WIB

Sudah bukan rahasia lagi jika ikan memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan karena ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 terbaik bagi tubuh.

Fungsi omega 3 diantaranya adalah untuk membantu pembentukan jaringan otak, menyehatkan tulang, dan mencegah penyakit jantung.

Beberapa jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ikan tongkol, cakalang, dan tuna.

Uniknya ketiga ikan ini sekilas terlihat sama karena memang mereka berasal dari satu keluarga yang sama yaitu Scombridae.

Ciri khas ikan dari keluarga Scombridae adalah tubuhnya yang mengkilap dan tak bersisik.

Lantas bagaimana cara yang paling sederhana untuk membedakan tiga jenis ikan yang serupa tapi tak sama ini?

Tongkol jelas sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ikan ini telah sejak lama dikonsumsi oleh masyarakat kita.

Ikan tongkol sendiri merupakan jenis ikan air asin yang diperoleh dengan cara dijaring.

Karakteristik khas dari ikan tongkol adalah warnanya yang agak gelap dengan bentuk tubuh yang langsing panjang. Ikan tongkol berkisar antara 50 hingga 60 cm .

Perbedaan antara ikan tongkol dengan cakalang yang paling mencolok adalah dari warna badannya.

Ikan cakalang memiliki kesamaan ukuran dan bentuk tubuh dengan tongkol tapi warnanya cenderung lebih terang dibanding tongkol.

Itulah yang membuat ikan cakalang kerap disebut ikan tongkol putih. Beda tongkol, beda cakalang, berbeda pula dengan tuna. 

Ikan yang juga masih bersaudara dengan tongkol dan cakalang ini memiliki reputasi yang mendunia karena nilai komersialnya.

Jika dibandingkan dengan kedua saudaranya perbedaan paling mencolok antara ikan tuna dengan tongkol dan cakalang sudah pasti adalah di ukurannya.

Bobot ikan tongkol dan cakalang yang terbesar hanya sekitar 5 kg, sedangkan ikan tuna bisa berbobot hingga 350 kg. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
01:19
00:55
25:37
01:06
01:48
Viral