Maag, Gerd Hingga Batu Empedu, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Selasa, 26 September 2023 - 12:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Saat rasa tidak nyaman pada bagian perut, tenggorokan panas dan terasa mual pada umumnya kita berpikir bahwa hal ini adalah gejala dari maag. 

Padahal, penting kita pelajari bahwa rasa tidak nyaman pada lambung atau sistem pencernaan dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti maag, gerd dan batu empedu. Apa perbedaannya? 

Maag dengan istilah medis gastritis, adalah peradangan pada dinding asam lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. 

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu kondisi penderita maag dimana asam lambung naik hingga kerongkongan.

Namun, lain lagi halnya dengan batu empedu, gejala batu empedu biasanya memberat setelah makan makanan berlemak seperti gorengan, santan, dan sebagainya.

Sedangkan pada sakit maag, makanan apa pun baik berlemak maupun tidak, tetap akan merangsang produksi asam lambung dan menimbulkan nyeri. 

Namun memang, sakit maag dan gejala batu empedu sama-sama bisa terjadi setelah makan. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
Viral