Cuaca Panas Terbukti Ilmiah Buat Tubuh Anda Mudah Letih! Ini Penjelasannya

Minggu, 15 Oktober 2023 - 10:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Terpapar suhu panas dalam jangka waktu yang lama dapat membuat suhu tubuh semakin meningkat. Pada kondisi ini tubuh secara alami akan mengeluarkan keringat sebagai cara untuk mendinginkan suhu tubuh.

Pada tengah hari yang terik tubuh juga akan melakukan beberapa penyesuaian untuk mempertahankan suhunya, yaitu tubuh akan melebarkan pembuluh darahnya.

Proses ini dikenal sebagai vasodilatasi yang memungkinkan lebih banyak darah mengalir di dekat permukaan kulit.

Hal ini memungkinkan darah yang hangat menjadi dingin dan melepaskan suhu panas tubuh saat mengalir dekat kulit.

Semua kerja keras yang dilakukan oleh tubuh kita ketika cuaca panas akan meningkatkan detak jantung kita. 

Begitu juga proses metabolisme pada tubuh kita akan ikut meningkat sehingga membuat tubuh merasa lebih lelah, bahkan mengantuk.

Paparan sinar matahari yang berlebih juga menyebabkan kerusakan pada kulit yang rasanya seperti terbakar dan akibatnya akan memperparah dehidrasi.

Jika kulit terbakar akibat serangan sinar matahari maka akan merusak kemampuan tubuh kita untuk mengatur suhunya, karena tubuh akan mengalirkan cairan ke bagian tubuh lainnya yang terbakar untuk penyembuhan kulit.

Adanya proses pengalihan cairan ini berarti tubuh kita akan memiliki lebih sedikit cairan apabila keringat yang keluar dalam jumlah berlebih, maka akan lebih ekstra dehidrasi maupun kelelahan yang kita rasakan. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral