Penyebab Kejang Pada Anak dan Tips Mengatasinya

Minggu, 17 Desember 2023 - 10:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kejang merupakan gangguan dari sistem kelistrikan otak yang bersifat spontan, sedangkan epilepsi adalah kejang berulang tanpa penyebab yang jelas dan bisa disertai dengan penurunan kesadaran.

Jenis-jenis kejang pada anak bisa berupa kejang vokal, kejang umum, ataupun juga kejang demam .

Dari bentuk kejang vokal itu apabila otak yang terserang adalah bagian tertentu saja.

Sedangkan pada kejang umum penderita biasanya akan mengalami penurunan kesadaran dan ada gerakan menyentak atau kaku pada seluruh tubuh.

Terdapat banyak macam jenis kejang, bukan hanya kelojotan atau kaku saja bisa berupa bengong dengan tatapan kosong, mulut mengunyah-ngunyah, mata berkedip dengan cepat atau bisa juga anak sering terjatuh tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Salah satu jenis kejang yang sering terjadi pada anak adalah kejang demam. Kejang demam adalah kejang pada anak yang disertai dengan demam lebih dari 38 derajat Celcius.

Bukan karena kelainan dari otak, kejang demam biasanya terjadi pada usia anak 6 bulan sampai 5 tahun.

Sedangkan kejang tanpa demam bisa dialami oleh anak usia berapapun. Biasanya penyebabnya adalah cidera kepala, infeksi otak, atau ada gangguan dari pembuluh darah otak.

Faktor risiko kejang pada anak bisa terjadi dari masa persalinan, dapat terjadi kekurangan oksigen maupun cidera di jalan lahir.

Seseorang yang sedang kejang tidak boleh ditahan dengan paksa gerakan kejangnya karena akan menimbulkan cidera pada otot dan tulangnya jadi sebaiknya penderita diamankan benda-benda di sekitarnya jangan ada yang bisa membahayakan penderita.

Pemberian kopi atau apapun seperti sendok dan sebagainya tidak boleh diberikan pada penderita saat kejang.

Memasukkan sesuatu benda ke dalam mulut saat kejang akan berisiko penderita mengalami gangguan jalan nafas atau juga memberikan sesuatu ke dalam mulut saat penderita kejang akan berisiko menyumbat jalan nafas.

Tidak semua anak yang mengalami kejang pasti akan menderita epilepsi karena penyebab kejang bermacam-macam, bisa disebabkan oleh demam bisa disebabkan oleh infeksi virus, bisa disebabkan oleh cidera kepala dan bisa disebabkan juga oleh karena epilepsi. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral