Ditemukan di Karawang, Ini Cara Bedakan Virus Corona B117 dengan Corona Sebelumnya| lifestyleOne

Kamis, 4 Maret 2021 - 17:30 WIB

Karawang, Jawa Barat – Munculnya varian baru virus corona di kabupaten Karawang, Jawa Barat Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau masyarakat agar tidak panik atas kabar dua TKI asal Karawang yang terpapar COVID-19 varian baru B117 asal Inggris.

Juru bicara satgas covid-19 Karawang dr. Fitra Hergyana menyatakan meski virus ini menyebar lebih cepat namun masyarakat dihimbau tidak panic.

"untuk gejala fisik dan penyebarannya masih sama jadi ini masih dalam penelitian oleh kemenkes. tapi memang varian baru covid-19 ini menyebar 10 kali lebih cepat dari varian corona yang pertama. indentifikasi yang menyatakan jika virus yang dibawa dua pekerja migran yang datang daru Arab Saudi adalah positif terinfeksi virus b117."

Ia mengatakan, dua TKI berinisial M dan A, masing-masing berasal dari Kecamatan Lemahabang dan Kecamatan Pedes, Karawang.

Menurut dia, dua TKI itu kini telah dinyatakan negatif dan mendapatkan tindakan dari tim medis. Karena itu masyarakat diimbau tidak perlu panik.

"Setelah kami menerima kabar temuan kasus COVID-19 B117 di wilayah Karawang, tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar dan Kemenkes langsung meneliti dan mencari informasi terkait varian baru virus tersebut dengan melakukan tracking dan testing kepada keluarga yang bersangkutan," kata Fitra.

Menurut dia, Satgas Penanganan COVID-19 Karawang telah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan Budi Sadikin dan pejabat Dinkes Jabar. Arahannya, harus secepatnya dilakukan tracking dan testing.

"Atas dasar itu, dua tim dari Dinkes Karawang, Dinkes Provinsi Jabar, dan Balitbang Kemenkes langsung bergerak, untuk sampel langsung dilaksanakan whole genom sequencing di Kemenkes," kata dia.

Fitra menyampaikan dua tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Karawang yang terpapar virus COVID-19 varian baru B117 sudah pulang ke rumahnya setelah dinyatakan negatif.

Sebelumnya keduanya telah diberikan tindakan tes swab PCR dengan hasil positif. Kemudian dilakukan isolasi di Jakarta.

"Setelah menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang. Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negatif," katanya.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil, ia mangatakan jika  varian baru virus corona yang lebih menular yakni B.1.1.7 yang pertama kali muncul di Inggris sudah masuk ke wilayah provinsi itu, tepatnya di Kabupaten Karawang.

"Nah masih terkait berita COVID-19. Varian baru virus corona B.1.1.7  dari Inggris yang sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang. Oleh karena itu kami sudah melakukan pelacakan," katanya usai menghadiri acara Uji Klinik Vaksin COVID-19 Rekombinan Anhui di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jalan Profesor Eyckman Kota Bandung, Rabu.

Gubernur meminta kalau bisa Tim Unpad untuk melakukan penelitian varian baru virus corona tersebut.

"Jadi kami harus bagaimana ibu bapak peneliti dengan adanya varian baru ini? apakah sama perlakuan protokol kesehatan 3-M nya atau bagaimana. Itu kami mohon secepatnya ada penelitian," katanya. (mii)

Lihat Juga: Ridwal Kamil Beberkan Kronologis Dua Warganya Terinfeksi Varian Baru Covid-19 | AKI Malam tvOne

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral