Tips dari Dokter Tentang Cara Bedakan Maag dan Gerd yang Paling Gampang | lifestyleOne

Sabtu, 6 Maret 2021 - 12:00 WIB

Jakarta - Maag dan GERD seringkali dianggap sebagai penyakit dengan gangguan dan keluhan yang sama. Rasa nyeri dan juga rasa terbakar yang ditimbulkan terkadang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Lalu bagaimana membedakan keduanya?

Menurut Spesialis Penyakit Dalam, dr. Amanda Pitarini mengatakan jika penyakit maag biasanya menyerang lambung, tepatnya berada di lambung sebelah kiri hingga ulu hati. Secara medis, maag atau dikenal dengan istilah gastritis merupakan peradangan, iritasi, atau erosi yang terjadi pada lapisan lambung. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba (akut) atau kronis. 

Meski mirip, namun ternyata maag berbeda dengan GERD lho. GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. 

Penyakit GERD biasanya dirasakan pada daerah ulu hati kemudian dapat menjalar ke daerah dada dengan sensasi rasa terbakar (heartburn). Ada lagi nyeri di daerah lain yakni berada di empedu atau di perut bagian atas. Nyeri ini biasanya menjalar hingga ke punggung sebelah kanan.

Bila membicarakan perbedaan karakteristik nyeri, yaitu nyeri lambung dan nyeri empedu maka biasanya nyeri empedu itu sifatnya kolik. Kolik merupakan rasa nyeri yang tiba-tiba dan terasa sangat amat nyeri seperti kram dan kemudian mereda dalam durasi beberapa jam.

Apabila mengalami nyeri lambung maka biasanya pihak dokter akan melakukan evaluasi seperti penyebabnya. Nyeri yang muncul pada umumnya bersifat stagnan.

Perihal penyebab peradangan di daerah empedu bisa dikarenakan adanya batu  atau infeksi. Sedangkan untuk lambung yang paling sering menyebabkan nyeri adalah terdapat luka atau lecet di dinding lambung. Adapula penyebab yang paling serius adanya tumor di dalam lambung.

Beragam fakta dan mitos tentang penyakit GERD banyak dipercaya oleh masyarakat. Terbukti, banyak artis dan pesohor dunia yang meninggal dunia dengan diagnosa terkena serangan GERD.

Meski begitu, GERD tidak dapat menyebabkan kematian secara langsung. Tetapi penyakit jantung dapat menyerupai GERD. Seperti yang diketahui, penyakit jantung dapat menyebabkan kematian yang tiba-tiba. (adh)

 

Lihat juga: Ternyata Ini 7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Langsung Naik

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral