4 Obat Herbal Terbukti Mencegah Diabetes | lifestyleOne

Selasa, 23 Maret 2021 - 14:17 WIB

Jakarta - Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung dalam jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Kondisi menumpuknya kadar gula di dalam tubuh yang tidak terserap dengan baik akan menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh si penderita. Jika tidak dikontrol dengan baik, penyakit ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa si penderita. 

Salah satu cara untuk terhindar dari risiko diabetes adalah dengan mengonsumi makanan yang sehat. Berikut adalah makanan apa saja yang baik dan ampuh untuk mencegah diabetes.

Pertama, ada yogurt. Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Kadar karbohidrat yang rendah pada yogurt bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut Adam Cunliffe dari London South Bank University mengatakan jika rajin mengonsumsi yogurt dapat meningkatkan sensitifitas insulin untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 18 persen. Yogurt yang rendah lemak dapat dijadikan sebagai bagian dari diet seimbang yang akan mengendalikan kada gula darah.

Yang kedua adalah kacang-kacangan. Berdasarkan keterangan dari pendiri It Well To Be Kind, kacang adalah cemilan yang baik untuk penderita diabetes karena rendah karbohidrat serta tinggi protein, serat, dan lemak sehat.

Dalam hal ini, jenis kacang yang baik untuk penderita diabetes adalah kacang almond, kacang kenari, kacang mede, kacang pistachio, dan kacang tanah. Selanjutnya, makanan yang baik bagi penderita diabetes lainnya yakni beras merah. Beras merah adalah salah satu karbohidrat yang baik bagi orang yang mengalami diabetes.

Hal itu dikarenakan beras merah memiliki indeks glikemik dibawah 50 yang artinya baik untuk mencegah diabetes. Selain mengandung banyak serat dan vitamin B, beras merah juga mengandung zat besi, kalsium, dan zinc yang lebih baik bila dibandingkan dengan nasi putih.

Yang terakhir adalah buah apel. Bagi Anda yang sering mengonsumsi buah apel, maka dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 hingga mencapai 27 persen. Buah apel mengandung antioksidan dan kuersetin. Kloro jadi acid yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Tak hanya itu, satu buah apel berukuran sedang beserta kulitnya mengandung 95 kalori, 25 kilogram karbohidrat, 0,5 protein, 4 gram serat, 0,4 gram lemak serta buah apel merupakan sumber vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh khususnya bagi penderita diabetes. (adh)

 

Lihat juga: 4 Obat Herbal Mencegah Diabetes

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral