Ini Dia Khasiat Daun Kelor Si Kecil Dengan Sejuta Manfaat

Jumat, 17 September 2021 - 13:41 WIB

Jakarta - Mendengar nama daun kelor pasti yang terbesit di pikiran kita adalah tentang masalah mistis yang menyelimutinya. Banyak mitos yang beredar tentang tanaman dengan nama latin, yakni Moringa Oleifera ini. 


Dalam Hidup Sehat Plus kali ini akan dibahas khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan. Apa saja ya manfaatnya? Dan bagaimana cara mengolahnya? Berikut ini penjelasannya.


Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Raissa Djuanda, M.Gizi, Sp.GK mengungkapkan jika daun kelor mengandung karbohidrat, protein dan berbagai vitamin serta mineral. Dijelaskan olehnya, vitamin yang terkandung dalam daun kelor diantaranya vitamin A, B, C, dan vitamin E. Sedangkan mineral didalam daun kelor sangat banyak ada magnesium, kalsium, kalium, dan zat besi.


“Karena kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun kelor cukup banyak, maka tak heran jika Ia disebut dengan miracle tree”, ujar dr. Raissa Djuanda, M.Gizi, Sp.GK dalam program Hidup Sehat Plus dikutip pada Jumat, 17 September 2021.


Daun kelor sudah dijadikan tanaman obat sejak zaman nenek moyang. Menurut dr. Raissa daun kelor dapat mencegah diabetes atau penyakit gula darah. Pasalnya, kandungan antioksidan yang sangat tinggi didalam daun kelor dapat meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh.


Manfaat kedua, diketahui daun kelor mengandung kalium dan kalsium yang sangat tinggi membuatnya memiliki kemampuan kontrol tekanan darah yang sangat baik di dalam tubuh. Selain itu, manfaat kesehatan lainnya yang dapat ditemukan dalam daun kelor yaitu untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.


Meskipun manfaat daun kelor sangat banyak, namun perlu memperhatikan jumlah konsumsi setiap harinya. “Perlu hati-hati mengonsumsi daun kelor jangan berlebihan, karena bisa memiliki efek samping yang merugikan untuk kesehatan kita,” jelas dr. Raissa. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral