Cara Aman Memakan Nasi Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes

Kamis, 20 Januari 2022 - 12:00 WIB

Jakarta - Pernahkah mendengar ungkapan belum berasa makan kalau belum makan nasi? Nasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bahkan menjadi makanan pokok utama disamping bahan makanan lain di Indonesia.

Nasi adalah beras yang telah dimasak sebelum disantap. Beras melalui proses pemasakan ini seiring dengan kemajuan teknologi pengolahan beras menjadi nasi kini menjadi hal yang praktis dan mudah. Namun, katanya proses pemasakan nasi dengan cara tradisional lebih sehat. Benarkah?

Kendati demikian, nasi juga dituduh sebagai penyebab timbulnya beragam penyakit seperti diabetes dan obesitas. Bagi penderita diabetes pun dilarang memakan nasi dalam kondisi panas atau hangat.

Pasalnya, jenis dan proses pemasakan akan mempengaruhi indeks glikemik dari nasi yang akan dimakan. Semakin pulen nasi dan makin menyerupai bubur maka indeks glikemiknya akan semakin tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes diharapkan untuk lebih memilih nasi merah ataupun nasi putih yang dingin atau dapat menggunakan trik nasi putih disimpan di dalam lemari pendingin selama 24 jam dan kemudian besoknya dihangatkan. 

Hal ini akan menurunkan indeks glikemik dari nasi sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bukan hanya nasi putih yang dikonsumsi, masyarakat percaya nasi merah lebih sehat karena rendah kalori. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral