5 Fakta Mengejutkan Tubuh Manusia

Jumat, 2 Desember 2022 - 16:00 WIB

Jakarta - Di dalam tubuh manusia terdapat banyak sel dan organ yang dapat membantu proses pertumbuhan. Ternyata banyak sekali hal menakjubkan dari fungsi tubuh manusia.

Jika kita saat ini menganggap robot-robot canggih sebagai karya yang menakjubkan, hal itu tak sedikit pun mampu menandingi kompleksitas 'mesin' dalam tubuh manusia.

'Mesin' kompleks ini memiliki jutaan proses internal yang terjadi setiap detik, semuanya bekerja sama untuk membuat kita tetap hidup dan sehat

Berikut 5 fakta mengejutkan mengenai tubuh manusia.

1. Rambut

Rambut atau sering disebut bulu merupakan organ yang tumbuh di kulit manusia. Ternyata, rambut merupakan bagian tubuh yang sulit dihancurkan.

Kerusakan rambut berjalan sangat lambat sehingga perubahan iklim, kelembaban suhu, atau zat kimia tidak dapat merusak rambut secara keseluruhan.

Namun satu-satunya kelemahan rambut adalah api karena struktur pembentuk rambut terdiri dari bahan karbon.

2. Asam Lambung

Ada fakta menakjubkan dari asam lambung. Asam lambung adalah cairan yang dihasilkan oleh sel-sel lambung untuk membantu proses pencernaan.

Asam lambung dapat melarutkan zat seng yang ada di dalam tubuh. Meski begitu, asam lambung tidak merusak perut karena lapisan di dalam perut akan memperbarui dirinya sendiri.

3. Organ Dalam Manusia

Fakta selanjutnya adalah fakta unik mengenai organ dalam manusia. Jika manusia kehilangan salah satu organ internal seperti limpa, 1ginjal, 1 paru-paru, dan organ lainnya yang terletak di daerah pinggul, maka manusia masih bisa bertahan hidup tanpa organ-organ tersebut.

Namun tentu meski terkadang organ-organ tersebut tidak sempurna dan tidak berjalan dengan baik.

4. Tubuh Manusia Menghasilkan Panas

Selanjutnya, fakta bahwa tubuh manusia dapat menghasilkan panas. Hal tersebut dapat membantu manusia bertahan hidup.

Oleh karena itu tidak semua demam berdampak buruk karena jika tubuh terserang bakteri atau virus, sistem imun akan melakukan perlawanan dengan meningkatkan temperatur tubuh.

5. Mata

Terakhir ada organ mata. Sebagian besar informasi yang kita peroleh berasal dari indra penglihatan.

Manusia memproses lebih dari 90% informasi melalui mata sedangkan 10% sisanya diproses melalui indra yang lain.

Itulah 5 fakta menakjubkan seputar tubuh manusia versi tim Ayo hidup Sehat.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
14:22
10:10
05:38
05:41
08:35
02:22
Viral