Isi Nota Pembelaan Pribadi Ferdy Sambo Dianggap 'Mubazir'

Rabu, 25 Januari 2023 - 11:34 WIB

Jakarta. tvOnenews.com - Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri mengatakan bahwa dirinya menyayangkan isi nota pribadi Ferdy Sambo dalam pleidoinya kemarin, Selasa (24/1/2023).

Reza bahkan menyatakan bahwa nota pembelaan yang disampaikan oleh Ferdy Sambo dianggap mubazir dan tidak begitu signifikan memberikan warna yang berbeda bagi proses persidangan, khususnya bagi persepsi publik mengenai dirinya.

Reza pun menjelaskan mengapa terdakwa menyampaikan nota pembelaan pribadi.

“Kenapa seorang terdakwa menyampaikan nota pembelaan pribadi. Kenapa tidak menyerahkan saja sepenuhnya kepada penasehat hukumnya? Jawabannya adalah lewat nota pembelaan pribadi sesungguhnya seorang terdakwa memiliki ruang yang luas untuk tanda petik berbicara atau berkomunikasi dengan sebanyak mungkin pihak dengan cara yang lebih personal. Ibaratnya pembicaraan yang lebih dari hati ke hati,” tutur Reza.

Hal ini menurut Reza untuk mengimbangi nota pembelaan yang nantinya akan disampaikan oleh kuasa hukum dengan bahasa yang formal.

Namun, menurut Reza, sayangnya kesempatan menyampaikan nota pembelaan pribadi tersebut tidak dimanfaatkan oleh Ferdy Sambo dengan baik.

Ferdy Sambo justru menyampaikan nota pembelaan dengan bahasa yang sangat formal dan kosakata yang resmi.

Hal tersebut justru tidak memberikan pandangan tambahan bagi semua termasuk majelis hakim dan juga publik.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral