Dengar Suara Gemuruh Keras dari Semeru, Warga Panik Berlarian

Senin, 6 Februari 2023 - 09:37 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi disertai awan panas guguran dengan jarak luncur 6 km ke arah Tenggara.

Bukaan kawah hingga saat ini gunung tertinggi di Pulau Jawa ini masih berstatus siaga atau level 3.

Sementara itu berdasarkan pantauan petugas Pos Pemantau Gunung Api (PPGA)Semeru di Pos PVMBG Gunung Semeru terekam erupsi gunung Semeru terjadi pada pukul 12.42 WIB.

Dengan meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Semeru, saat ini warga diimbau untuk tetap mematuhi rekomendasi yang telah diberikan terkait radius larangan melakukan aktivitas maupun mewaspadai potensi terjadinya banjir lahar guguran lava serta awan panas guguran.

Sementara itu kepanikan warga lereng Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali terjadi saat mendengar suara gemuruh erupsi gunung Semeru.

warga Dusun Kajar Kuning, Candipuro, Lumajang yang sejak sore hari telah siaga langsung berhamburan untuk mengungsi sesaat setelah mendengar suara gemuruh keras dari Gunung Semeru.

Warga menduga Gunung Semeru kembali mengalami erupsi disertai awan panas guguran susulan.

Sementara itu dari hasil pantauan pihak kepolisian hingga menjelang dini hari belum diterima adanya laporan erupsi maupun awan panas guguran.

Kepanikan warga diduga kuat akibat rasa trauma saat mendengar suara gemuruh yang sangat keras.

Petugas menghimbau kepada warga dan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
05:44
04:18
Viral