F1 Powerboat Sukses Tingkatkan Perekonomian Warga Toba

Senin, 27 Februari 2023 - 15:40 WIB

Toba, tvOnenews.com - Gelaran F1 Powerboat Lake Toba yang berlangsung selama 3 hari, 24-26 Februari 2023 di lokasi perairan Danau Toba tepatnya di Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara menjadi berkah bagi pelaku wisata pemilik penginapan.

Pelaksanaan F1 Powerboat Lake Toba, Sumatera Utara memiliki dampak peningkatan perekonomian yang luar biasa bagi masyarakat sekitar.

Data dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara mencatat ketersediaan hunian kamar di sekitar danau toba di beberapa daerah seperti Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, dan Humbang Hasundutan sebanyak 2.451 unit dengan rincian 2.204 kamar hotel.

Jumlah tingkat hunian dan hotel yang ada di sekitar Danau Toba tak mampu menampung jumlah penonton dan pengunjung yang ingin datang ke Kabupaten Toba guna menyaksikan peralatan Akbar balap motor Tanah Air ini.

hal itu kemudian menjadi kesempatan bagi warga para pelaku sektor wisata yang selama ini menjadi mitra dan binaan dari Kementerian Pariwisata.

Seperti yang terlihat di desa Tambunan Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Sebanyak 74 rumah milik warga dijadikan penginapan bagi wisatawan yang datang.

Alex Batubara, pengunjung asal kota Medan menyebutkan ia dengan keluarga sengaja datang berkunjung ke Balige guna menyaksikan langsung F1 Powerboat Lake Toba.

Alex memilih tinggal dan menetap selama 3 hari di penginapan di Desa Tambun karena tak ada lagi hotel yang bisa digunakan. Alex mengatakan tarif homestay cukup murah.

Ha serupa juga disebutkan oleh Tampubolon warga asal Kota Medan yang datang berkunjung ke Danau Toba Balige guna ingin menyaksikan pertandingan F1 Powerboat.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral