EKSKLUSIF! Guru yang Dipecat karena Kata 'Maneh' di Instagram Ridwan Kamil Buka Suara

Rabu, 22 Maret 2023 - 19:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Guru yang dipecat lantaran mengomentari unggahan Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil dengan kata “maneh” Sabil buka suara.

Ia menyebut tidak bermaksud tak sopan kepada Ridwan Kamil. Sabil juga melontarkan kata “maneh” lantaran menilai sosok Ridwan Kamil yang akrab dengan keluarga dan pernah mengucapkan kata “maneh” di beberapa kunjungan.

Tim tvOnenews.com berhasil berbincang secara eksklusif dengan Muhammad Sabil yang menjelaskan mengenai makna kata “maneh” dalam Bahasa Sunda dan tidak ada niatan dirinya untuk bersikap tidak sopan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

Memang saat ini, diksi “maneh” menjadi sebuah polemik. Bahkan menjadi objek perdebatan di media sosial hingga media massa.

Hal itu tak lain karena gegara diksi Maneh yang ditulis Muhammad Sabil di kolom komentar Instagram Kang Emil dan hal itu juga yang membuat Sabil diberhentikan sebagai tenaga didik. 

Dalam persoalan ini, Muhammad Sabil mencoba menjelaskan soal makna sebenarnya kata “maneh” itu.

Akan tetapi, sebelum menerangkan makna kata “maneh” itu, dia jelaskan saat ia menulis komentar dengan menggunakan kata "maneh" di kolom komentar Instagram Ridwan Kamil.  

"Menggunakan kata ‘maneh’ itu sebenarnya. Satu, kata ganti kamu ya dalam bahasa Sunda, gitu memang kalau dalam bahasa Sunda kata ganti ‘kamu’ itu ada tiga kata yang saya ketahui. Tetapi banyak sih katanya kalau yang saya dengar dari ahli-ahli bahasa Sunda," ujar Muhammad Sabil, kepada tvOnenews, Rabu (22/3/2023).

Sementara, kalau diksi "maneh" sendiri dalam bahasa Sunda atau bahasa tutur Sunda itu adalah kata keakraban.

Namun demikian ia akui juga, bahwa bukan berarti dirinya sok akrab dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral