Pernyataan Sikap Presiden Jokowi soal Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 - 19:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait polemik Piala Dunia U20 dan keikutsertaan Timnas Israel dalam gelaran tersebut. 

"Pertama ini adalah prinsip, prinsip negara kita, Indonesia, yang selalu konsisten dan teguh  memperjuangkan kemerdekaan palestina dan mendukung penyelesain 2 state solution," ungkap Presiden Jokowi. 

"Ini sesuai dengan Konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun, hal ini selalu disampaikan Pemerintah Indonesia dalam forum-forum internasional, termasuk dalam pertemuan bilateral," tambahnya. 

"Dalam kesempatan ini saya jelaskan, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 melalui proses bidding yang sangat panjang dan akhirnya Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah."

"Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita belum mengetahui siapa saja yang menjadi pesertanya, kepastian Israel lolos menjadi peserta Piala Dunia U20 baru kita ketahui pada Juli 2022."

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak akan mempengaruhi konsistensi, posisi politik dengan Palestina dikarenakan dukungan kita untuk Palestina tetap kokoh dan kuat," tegas Presiden Joko Widodo. 

Hal tersebut tentu sudah bersependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati. 

"Jadi, jangan mencampur adukan urusan olahraga dengan urusan politik," pesan Presiden Joko Widodo. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:03
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
Viral