Terinspirasi Bahtera Nabi Nuh, Masjid Unik di Cimahi Berbentuk Perahu

Rabu, 29 Maret 2023 - 09:08 WIB

Cimahi, tvOnenews.com - Terinspirasi dari kisah Nabi Nuh, sebuah masjid dibangun menyerupai kapal laut di Kelurahan Baros, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Keunikan masjid itu menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan menjadikannya sebagai wisata religi.

Jika melihat dari luar sulit percaya bahwa bangunan di Jalan Bapak Ampi, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Sebuah masjid bentuknya memang berbeda dari masjid kebanyakan. Masjid bernama Al-Bahirah ini tidak memiliki kubah seperti bentuk masjid pada umumnya.

Dari arah depan, masjid ini seperti kapal laut yang tengah bersandar di dermaga.

Ada cerobong dan jangkar berwarna putih yang diikat dengan tali besar, lalu ada juga bangunan mirip geladak serta kabin untuk nahkoda dan awak kapal.

Kesan kapal laut memang terasa saat masuk ke dalam masjid. Banyaknya jendela berbentuk lingkaran semakin membuat suasana terasa berada di dalam sebuah kapal besar.

Di tengah masjid ada mimbar untuk khutbah dengan ornamen kayu mirip jangkar.

Selanjutnya di lantai 2 ada 2 ruangan yang berfungsi sebagai ruang kontrol lampu masjid yang dibuat seperti ruang kemudi lengkap dengan tombol-tombol layaknya kapal sungguhan.

Di lantai paling atas terdapat mercusuar kapal laut dan bangunan Ka'bah yang kerap digunakan untuk latihan manasik haji.

Menurut pengelola masjid, Gunadi, masjid ini dibangun oleh keluarga yang berprofesi sebagai nahkoda kapal laut.

Hampir setiap hari masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Masjid kapal laut ini memiliki luas 300 m2 dan bisa menampung hingga 500 jemaah.

Masjid ini juga mendapatkan penghargaan dari Provinsi Jawa Barat sebagai masjid terbersih dan berkarakter dan menjadi ikon Kota Cimahi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral