Warga Sudan Berusaha Mencari Suaka di Tengah Perang Saudara

Kamis, 27 April 2023 - 11:51 WIB

Sudan, tvOnenews.com - Tidak hanya warga asing yang berbondong-bondong untuk meninggalkan Sudan, warga Sudan sendiri pun berusaha untuk meninggalkan negaranya melalui wilayah Arkin yang merupakan perbatasan antara Sudan dengan Mesir.

Di hari kedua dari 3 hari gencatan senjata, pertempuran di Sudan mulai sedikit mereda meskipun masih terdengar sejumlah rentetan tembakan.

Baku tembak dilaporkan masih terjadi di sekitar markas besar militer dan istana Republik di Ibukota Khartoum, serta pangkalan militer di Omdurman di sepanjang Sungai Nil.

Dengan memanfaatkan kondisi gencatan senjata, warga Sudan padati perbatasan Sudan dan Mesir di wilayah arkin untuk keluar dari negara yang sedang dilanda perang saudara itu.

Meski demikian warga Sudan tidak dengan mudah melintasi perbatasan. Mereka harus menunggu selama berjam-jam untuk diizinkan melintas. Banyak pihak meragukan gencatan senjata akan diperpanjang.

Sudah ribuan warga asing dievakuasi dari Sudan melalui jalur udara termasuk warga Indonesia.

Perang saudara telah menelan korban jiwa sebanyak lebih dari 500 orang termasuk warga sipil. Sementara itu sebanyak lebih dari 4.000 orang terluka.

menurut The Doctor Syndicate, sebuah organisasi yang menghitung jumlah korban jiwa di Sudan, menyebut sedikitnya 295 warga sipil Sudan tewas dan lebih dari 1.700 lainnya terluka.

Dunia internasional pun beramai-ramai menyerukan agar kedua pihak yang berkonflik menempuh jalur dialog damai.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral