Mimpi Koalisi Besar, Realistis?

Minggu, 7 Mei 2023 - 20:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024 hanya tinggal menghitung bulan. Para tokoh dan petinggi partai politik mulai terlihat sibuk mempersiapkan diri dan bertemu untuk mengatur strategi.

Jika mundur ke belakang Partai Golkar, PAN dan PPP menjadi 3 partai yang pertama kali mendeklarasikan terbentuknya koalisi yang dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu. Disusul kemudian Gerindra dan PKB yang membentuk Koalisi Indonesia Raya.

Namun ketika PDI Perjuangan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusungnya koalisi koalisi yang sudah ada mulai terlihat gamang.

PPP menjadi partai pertama di kib yang memutuskan mendukung pencapresan Ganjar dan memantapkan diri bersama barisan PDIP.

Sementara Golkar dan PAN masih belum memastikan pilihannya kesempatan ini tampaknya dimanfaatkan secara baik oleh PKB yang selama beberapa hari terakhir ini lincah bermanuver.

PKB membawa tawaran proposal politik untuk membentuk poros baru yang disebut dengan Koalisi Besar.

Hanya saja jalan panjang masih harus ditempuh jika kemudian PKB, Gerindra, Golkar dan PAN bersepakat melebur dalam sebuah koalisi. Siapakah capres dan cawapres yang akan diusung?

Relakah para tokoh yang notabene sudah dicalonkan oleh partainya masing-masing sebagai kandidat capres melepas egonya demi tujuan besar koalisi gemuk?(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral