Ratusan Biksu & Ribuan Umat Buddha Melakukan Kirab Waisak dari Mendut ke Borobudur

Minggu, 4 Juni 2023 - 12:27 WIB

Magelang, tvOnenews.com - Menjelang perayaan Waisak 2567 BE tahun 2023 ratusan Biksu dan ribuan umat Buddha melakukan kirab waisak dari Candi Mendut menuju ke Candi Agung Borobudur Minggu (4/6/2023) pagi.

Sarana Puja Bakti dari air suci, api Dharma dan berbagai macam sesaji tak luput dikirab dalam prosesi tersebut sebagai tradisi untuk menghormati ajaran Sang Buddha.

Dengan berjalan kaki ribuan umat Buddha dan ratusan fiksu menggelar prosesi kirab waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dalam kirab ini air suci yang diambil dari Umbul Jumprit Temanggung Dan Api Dharma yang diambil dari Merak dan Grobogan serta beraneka sesaji serta ragam hasil bumi di arak sejauh 3 km.

Hal ini pun menjadi pusat perhatian warga setempat serta wisatawan yang sedang berkunjung ke kawasan Borobudur.

Bagi Umat Buddha, prosesi kirab ini dinilai sangat penting karena merupakan salah satu penghormatan terhadap ajaran Sang Buddha, lantaran kirab tersebut sudah menjadi ritual tradisi bagi Umat Buddha.

Rencananya prosesi detik-detik waisak akan digelar pada hari Minggu ini yang dipusatkan di pelataran Candi Agung, Borobudur.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
03:27
Viral