Sebaran Kasus Sifilis di Indonesia: Papua dan Jabar Terbanyak

Jumat, 9 Juni 2023 - 12:59 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Kementerian Kesehatan resmi merilis kasus sifilis atau penyakit raja singa yang ada di Indonesia. Dalam hasil data yang dirilis Kemenkes untuk kasus penyakit tersebut terbanyak se-Indonesia pada posisi pertama ada di daerah Papua sebanyak 3.864 kasus dan disusul posisi kedua yaitu Jawa Barat sebanyak 3.186 kasus. 

Sementara itu di daerah DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan menemukan ada 1.897 dan Provinsi Bali 1.300 kasus raja singa atau sifilis. 

Merespon hal tersebut, Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil meminta agar pencegahan penyebaran sifilis mulai dilakukan saat ini dengan cara deteksi dini kepada masyarakat. 

“Yang terpenting kepada masyarakat hindari pola gaya hidup yang punya potensi terpapar dari berbagai penyakit, tidak hanya sipilis, tetapi penyakit-penyakit yang berhubungan dengan seksual lainnya juga harus diwaspadai dan dihimbau untuk selalu jernih dalam berkomunikasi, bersosialisasi di dalam kemasyarakatan karena penyakit bakteri sifilis ini terdapat pengaruhnya dengan cara berinteraksi seksual dan lain-lain,” jelas Ridwan Kamil.  

Saat ini, Dinas Kesehatan Jawa Barat sudah mendistribusikan obat untuk penyakit sifilis ke Puskesmas-Puskesmas di seluruh Jawa Barat. Berikut selengkapnya. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:50
02:19
01:01
03:57
04:33
03:48
Viral