Fajri, Pria Obesitas Jalani Perawatan Khusus dan Ditangani 14 Dokter

Rabu, 14 Juni 2023 - 13:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Fajri, pasien obesitas dengan bobot badan 300 kilogram tengah  menjalani penanganan ketat dari 14 dokter spesialis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Pusat Jakarta. 

Nantinya, pasien Fajri akan ditangani oleh tim dokter multi-disiplin keilmuan di antaranya anestesiologi dan perawatan intensif, respirologi, endokrin-metabolik, gastroenterologi, kardiologi, ilmu penyakit dalam, bedah digestif, bedah vaskuler, urologi, neurologi, psikiatri, dermatologi venerologi, rehabilitasi medik, gizi klinik dan tim nakes lainnya.

Fajri juga akan menjalani prosedur berupa teropong saluran napas untuk evaluasi dahak dan kondisi paru-paru. Pemeriksaan hormon insulin tiroid dan gula darah puasa untuk mengevaluasi kondisi obesitas pasien. 

Pihak RSCM menjelaskan bahwa pasien Fajri merupakan kasus yang tidak biasa sehingga butuh penanganan secara khusus. 

“Keadaan pasien dalam keadaan sadar penuh pada saat tiba di RSCM. Fajri dapat diajak berkomunikasi namun masih mengalami kelelahan pasca evakuasi dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM. Pasien sudah dalam penanganan RSCM dan proses observasi agar bisa direncanakan prosedur perawatan lanjutan bagi pasien,” demikian keterangan RSCM dikutip pada Rabu (14/6/2023). 

Rencana-rencana prosedur perawatan tersebut diperlukan untuk menstabilkan kondisi pasien saat ini dimana pasien membutuhkan ventilasi mekanik karena terdapat kondisi gagal napas yang membuat pasien tidak bisa bernapas dengan sendirinya. Berikut selengkapnya. (ayu)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral