Survei LSI Denny JA: Pemilih Jokowi Berdiri di Belakang Prabowo

Selasa, 20 Juni 2023 - 19:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dukungan masyarakat menuju pertarungan pemilihan presiden 2024 mendatang tampaknya akan mengalami pergeseran.

Pergeseran dukungan dari Ganjar ke Prabowo setidaknya mulai terjadi di 3 bulan terakhir ini. Hal ini terungkap dari hasil lembaga survei Denny JA kemarin.

Indonesia dalam hitungan bulan akan melaksanakan pesta demokrasi terbesar, yakni pemilihan presiden dan wakil presiden.

Sejauh ini ada tiga kandidat bakal calon presiden yang akan maju dipertarungan itu yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Masing-masing bacapres ini telah memiliki pendukung tersendiri. Dari ketiga nama tersebut nama Prabowo Subianto kini tengah naik pamor.

Dari hasil survei lembaga survei LSI Deni JA menemukan adanya perubahan dukungan dari capres Ganjar Pranowo ke Prabowo Subianto dengan selisih suara 1 persen.

Ini merupakan hasil survei tatap muka terhadap 1.200 responden. LSI menemukan perubahan suara dukungan dari mereka yang puas dengan kinerja Jokowi cenderung memilih Prabowo dan Ganjar sebagai calon presiden.

Namun dari hasil survei pada 30 Mei hingga 12 Juni memilih Prabowo lebih tinggi 1 persen dari pemilih Ganjar Pranowo.

Beberapa faktor yang mempengaruhi pergeseran pemilih diantaranya kedekatan emosional dan kecocokan Prabowo dengan Jokowi, maupun dengan keluarga Jokowi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral