Karut-Marut PPDB Online di Bogor, Bima Arya Temukan 4 Modus Pelanggaran

Selasa, 11 Juli 2023 - 13:45 WIB

Bogor, tvOnenews.com - Sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang berlangsung secara online bisa dimanipulasi salah satunya adalah pada sistem zonasi.

Kecurangan itu ditemukan Walikota Bogor Bima Arya saat memverifikasi langsung data PPDB ke lapangan.

Hasilnya ada 155 siswa yang memalsukan alamatnya dan kini mereka terancam dikeluarkan dari sistem.

Warga Bogor, Jawa Barat berkeluh-kesah di media sosial mengenai sistem penerimaan PPDB di kotanya mereka curiga ada yang mencurangi sistem zonasi dengan cara pindah kartu keluarga demi masuk SMA Negeri 1.
Di radius 220 meter saja ada lebih dari 160 anak lolos sistem zonasi. Netizen tersebut heran apakah mungkin anak-anak itu semuanya bertetangga karena jarak mereka sangat berdekatan.

Berangkat dari kecurigaan itu, Walikota Bima Arya memeriksa area sekitar SMA favorit di Kota Bogor ini.

Penelusuran langsung ke lapangan dilakukan Walikota Bima Arya karena ada 913 peserta didik baru yang terindikasi bermasalah. Dari 700an pendaftar yang diverifikasi faktual 155 diantaranya tidak sesuai.

“Artinya tidak ditemukan nama yang bersangkutan di lokasi yang didatangi. Nanti nama-nama pendaftar yang terbukti tidak ditemukan namanya di lapangan maka nama itu akan dikeluarkan. Sekali lagi nama itu akan dikeluarkan dari pendaftaran PPDB,” tutur Arya Bima.

Ada 4 jalur PPDB online di Bogor yakni jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan juga zonasi.

Diduga setiap tahapan memiliki celah untuk dimanipulasi terutama sistem zonasi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral