Pengamat Pendidikan Islam Bongkar Sejarah NII Hingga Dibubarkan Presiden Soekarno

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat Pendidikan Islam M Najih Arromadloni pun menjelaskan asal mula gerakan NII beroperasi.

NII sendiri merupakan singkatan dari Negara Islam Indonesia. NII merupakan gerakan yang bertujuan mendirikan negara Islam Indonesia.

Kelompok ini pernah memproklamasikan berdirinya Negara Karunia Allah Negara Islam Indonesia atau NKA NII pada 7 Agustus 1949.

NKA NII disebut juga sebagai Darul Islam, yakni rumah, wilayah, atau negara Islam. 

Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo atau lebih dikenal dengan nama Kartosuwiryo yang merupakan salah seorang tokoh Masyumi Jawa Barat menjadi komandan tertinggi gerakan ini.

Darul Islam (DI) memiliki tentaranya sendiri yang disebut Tentara Islam Indonesia (TII) yang merupakan bentukan dari laskar Hizbullah (tentara Allah) dan Sabilillah (jalan Allah).

Menurut Kartosuwiryo dan para pengikutnya, NII yang diproklamasikan melalui revolusi Islam itu merupakan implementasi pesan-pesan Islam yang kaffah.

Pendiri organisasi Khilafatul Muslimin, yakni Abdul Qadir Baraja disebut BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) pernah bergabung dengan NII sebab memiliki visi yang sama.

Menurut Najih, meskipun gerakan tersebut sudah dilarang di Indonesia, Kartosuwiryo pun telah dihukum mati pada masa Presiden Soekarno tetapi pergerakan NII masih terus berjalan secara ‘bawah tanah’.

NII menurut Najih merupakan induk organisasi teror yang ada di Indonesia termasuk Jamaah Islamiyah (JI) maupun Jamaah Ansharut Daulah (JAD) karena para pendirinya merupakan anggota NII.

Termasuk beberapa aksi teror pengeboman di Indonesia menurut Najih sangat erat kaitannya dengan NII.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral