Panglima TNI Angkat Bicara soal Video Pencopotan Baliho Bacapres Ganjar Pranowo

Senin, 17 Juli 2023 - 12:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan pihaknya netral dalam pemilu menyusul viralnya video pencopotan baliho bergambar salah satu bakal calon Presiden di Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

Panglima menjelaskan baliho bergambar bakal calon presiden Ganjar Pranowo  itu dipasang di area lingkungan TNI Kodim Muara Teweh sehingga harus diturunkan atas prinsip netralitas TNI.

Panglima juga menegaskan bahwa pelepasan baliho sudah dikoordinasikan dengan pihak pemasangnya termasuk dengan penyelenggara pemilu, bupati, dan Satpol PP setempat.

Beredar video oknum komandan TNI melakukan tindakan penurunan baliho calon presiden (Bacapres) 2024 Ganjar Pranowo di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. 

Dalam video tersebut, oknum prajurit TNI itu memaksa relawan untuk menurunkan baliho bergambar Bacapres dari PDI Perjuangan itu.

Adapun kronologis diantaranya sebagai berikut: Sekira pukul 09.49 WIB Dandim 0103/Muara Teweh Letkol Inf Edi Purwoko mendapat WA dari Sdr. Ahmad Gunadi (putra Bupati Barito Utara) tentang permohonan izin memasang banner kegiatan festival musik di lahan Kodim 1013/Mtw dengan melampirkan foto lokasi yang dimaksud. 

"Saat Dandim melihat kiriman foto tersebut, dirinya baru menyadari adanya kejanggalan yaitu adanya banner foto Ganjar Pranowo di baliho sebelahnya, yang juga berada di lahan Makodim 1013. Kemudian Dandim perintahkan Pasilog untuk berkoordinasi dengan Satpol PP dan Panwaslu Kabupaten Barito Utara untuk mencopot banner foto Ganjar Pranowo yang berada di lahan Makodim 1013/Mtw," kata Kapuspen TNI, Julius, Minggu (16/7/2023). 

Menjelang Pemilu 2024, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam setiap pengarahan kepada Prajurit TNI selalu menekankan “Netralitas TNI pada Pemilu 2024” diantaranya tidak memberikan fasilitas tempat/sarana dan prasarana milik TNI kepada Paslon dan Parpol untuk digunakan sebagai sarana kampanye. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral