NYELENEH! Begini Ritual 1 Muharram di Al Zaytun

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com -  Satu per satu fakta terkait ritual nyeleneh di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang terkuak. 

Khususnya dalam cara menggalang dana untuk pembangunan pondok pesantren mewah tersebut.

Leny Siregar, mantan wali santri mengungkap ada ritual bernama 'lempar jumroh' yang biasanya dilakukan masyarakat dari level tertinggi hingga level desa.

Lempar jumroh tersebut dilakukan saat memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram di pondok pesantren itu. Leny mengaku beberapa kali ikut dalam ritual tersebut. 

"Ikut (ritual lempar jumroh) 1 Muharram. Beberapa kali sebelum memasukkan santri pun pernah ke sana tahun 2009 misalnya, dan beberapa tahun sebelum anak saya sekolah di sana, ke sana saat 1 Muharram," kata Leny seperti dikutip dari tayangan Catatan Demokrasi di tvOne, pada Rabu (18/7/2023).

Leny menjelaskan undangan untuk hadir pada peringatan 1 Muharram itu disebar para koordinator ke pejabat dengan level tertinggi hingga masyarakat di desa. Semua yang memiliki dana, kata Leny, bisa datang ke acara tersebut.

Sebuah video yang menjelaskan maksud ritual 'lempar jumroh' pun diputar. 

Dijelaskan Leny, lempar jumroh itu merupakan istilah orang dalam Pondok Pesantren Al Zaytun untuk menyumbangkan infak. 

Dalam video tersebut, beberapa pria bergiliran maju dan menyebutkan nominal infaq yang disumbangkan. Ada yang menyumbang Rp26 juta, Rp2 juta sampai Rp500 ribu.

Leny mengatakan tidak ada yang merasa tertekan saat menyumbang infaq tersebut. 

Justru menurut Leny banyak dari mereka kerap malu kalau hanya menyumbangkan infaq dalam jumlah yang sedikit. 

Adapun terkait jumlah uang infak, Leny tidak dapat memastikan. Namun, ia memperkirakan total uang infaq yang terkumpul mencapai miliaran rupiah. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral