8 Penambang Emas Masih Terjebak Dalam Tambang

Kamis, 27 Juli 2023 - 09:04 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Tim SAR gabungan berusaha mengevakuasi delapan orang penambang yang dilaporkan terjebak di dalam lubang tambang emas rakyat, Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sejak Selasa (25/7/2023).

Para penambang ini diketahui terjebak dalam lubang galian sejak Selasa (25/07/2023) pukul 23.00 WIB. 

Sebanyak 8 orang terjebak di dalam lubang galian tambang akibat datangnya air secara tiba-tiba dan menggenangi area pertambangan. 

Menurut petugas kedalam galian tambang emas ini cukup dalam, diperkirakan ke dalam mencapai 60 meter. 

Posisi dari lubang tambang ini berbentuk zig-zag. Pada lubang bagian pertama yang merupakan bagian atas, berbentuk vertikal sedalam 20 meter, bagian pertama horizontal, dengan panjang 10 meter.

Bagian kedua, lubang berbentuk vertikal 12 meter, dan horizontal 9 meter. Bagian ketiga lubang vertikal sedalam 15 meter, dan horizontal 3 meter. 

Untuk bagian zig-zag ke 4, berbentuk vertikal 4 meter, dan horizontal 6 meter. Sementara untuk zig-zag  terakhir kedalam lubang vertikal 3 meter, dan horizontal 7 meter, serta bagian vertikal terakhir kedalaman mencapai 3 meter.

Pagi ini Tim SAR kembali lanjutkan proses evakuasi terhadap 8 penambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, yang masih terjebak di dalam lubang tambang. 

Tim SAR siapkan skenario untuk evakuasi 8 penambang ini, menurut petugas Basarnas Cilacap, jika air pada hari ini surut, maka evakuasi bisa dilakukan terhadap 8 korban. 

Namun jika debit air masih tinggi, petugas akan kembali lakukan penyedotan air yang ada di alam lubang tambang, menggunakan alat yang lebih besar.

Dalam proses evakuasi ini, Tim SAR Gabungan mendapatkan kesulitan, salah satunya debit air yang cukup tinggi di dalam lubang. 

Tidak hanya itu, sempitnya permukaan tambang menjadi salah satu faktor sulitnya evakuasi. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral