Tim SAR Turunkan Alat Berat dalam Proses Evakuasi Pekerja Tambang di Banyumas

Senin, 31 Juli 2023 - 09:03 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Pada hari kelima, Tim SAR gabungan berencana menurunkan alat berat untuk mengeruk sungai di dekat sumur di lokasi terjebaknya 8 penambangan di Banyumas, Jawa Tengah.

Petugas tengah mempersiapkan akses untuk beberapa alat berat ke lokasi dan persiapan perlu dilakukan karena akses alat berat harus melewati lahan pribadi milik warga. Pengerukan dilakukan agar muka air sungai turun ketinggiannya. 

Proses evakuasi selama 4 hari sebelumnya difokuskan pada pengurasan air sumur yang menggenang.

Menurut keterangan saksi, kronologi kejadian bermula dari lokasi dua sumur tambang, yakni Sumur I dan Sumur II. Sumur II merupakan lokasi di mana para penambang terjebak.

Sebelum kejadian diketahui pekerja di Sumur I sedang melakukan proses penambangan atau penggalian dan menemukan air, sehingga para pekerjanya naik ke atas untuk mengambil peralatan guna melakukan upaya-upaya penambalan.

Saat akan melakukan upaya penambalan, para pekerja turun kembali ke dalam sumur namun ternyata airnya cukup deras, sehingga pekerja naik kembali ke atas dan melaporkan ke operator untuk menghubungi pekerja yang berada di Sumur II.

Oleh karena airnya cukup deras, lanjut dia, pekerja yang berada di Sumur II tidak bisa naik ke atas sehingga terjebak di dalamnya. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:45
09:41
04:03
02:45
02:06
03:18
Viral